LOGO WEBSITE

Ditulis oleh Super User on . Dilihat: 109

Dipublikasikan oleh Admin Badilag pada on . Dilihat: 80

Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis Menyelenggarakan Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Tenaga Teknis Di Lingkungan Peradilan Agama Berbasis Online (zona 2)

image00222

Kamis, 15 September 2022, Bertempat di Badilag Command Center, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama, Dr. H. Candra Boy Seroza, S.Ag.,M.Ag. membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Tenaga Teknis di Lingkungan Peradilan Agama berbasis online (Zona 2).

Kegiatan ini diikuti seluruh tenaga teknis pada 67 satuan kerja yang terdiri dari 5 Satuan Kerja Pengadilan Tingkat Banding di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Medan, Pengadilan Tinggi Agama Jambi, Pengadilan Tinggi Agama Palembang, Pengadilan Tinggi Agama Bangka Belitung dan Pengadilan Tinggi Agama Lampung serta 62 satuan kerja Pengadilan Tingkat Pertama. Bimbingan Teknis ini merupakan kegiatan yang rutin dijalankan Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis secara berkesinambungan dalam upaya peningkatan kemampuan teknis bagi tenaga teknis di lingkungan peradilan agama. Narasumber kegiatan Bimtek kali ini adalah Bapak Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H., M.H. (Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya) dengan mengusung tema yaitu Mewujudkan Perlindungan Hukum Hak Perempuan dan Anak Melalui Putusan yang Dapat Dilaksanakan dan di moderatori oleh Abdul Halim, S.H.I., M.H.(Hakim Yustisial Ditjen Badilag).

image00422

Dalam pembukaan dan pembinaannya, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama Dr. H. Candra Boy Seroza, S.Ag.,M.Ag. menyampaikan pentingnya tema tersebut diatas untuk diangkat dikarenakan menjadi program prioritas Ditjen Badan Peradilan Agama dan menjadi skala prioritas di tahun 2022. Tema tersebut tidak hanya menjadi isu nasional namun berskala internasional karena perempuan dan anak menjadi dua kelompok rentan yang sering mendapatkan perlakuan yang diskriminatif dalam aspek kehidupan meskipun secara normatif terdapat perlindungan dari Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan dalam berbagai peraturan per Undang-Undangan namun dalam tataran implementasi terkadang menjadi problem/masalah yang perlu dikaji secara bersama dan perlu diselesaikan bersama.

Dalam konteks kewenangan peradilan agama, Ditjen Badilag telah melakukan berbagai upaya dalam jaminan terhadap perlindungan hukum perempuan dan anak dengan melakukan kegiatan webinar antar negara antara lain dengan Malaysia, Australia, dan negara Timur Tengah, mengadakan diskusi antar lembaga seperti Kementerian Sosial , Kementerian Keuangan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak , yang bertujuan memberikan perlindungan hukum pada perempuan dan anak dalam putusan pengadilan. Direktur Pembinaan Tenaga Teknis juga mengucapkan terimakasih kepada narasumber dan para peserta kegiatan Bimtek, khusus kepada narasumber yang dalam kesibukan beliau menjalankan program prioritas Mahkamah Agung dan Ditjen Badilag, beliau masih berkenan menjadi narasumber kegiatan Bimtek kali ini. Direktur Pembinaan Tenaga Teknis juga menyampaikan pesan agar seluruh peserta serius dan aktif mengikuti kegiatan Bimtek.

image00622

Pada kesempatan presentasi materi oleh Bapak Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H.,M.H. beliau menyampaikan pokok-pokok bahasan antara lain penegakkan hukum dan keadilan melaui putusan hakim, pelaksanaan putusan berbasis perlindungan hukum terhadap terhadap perempuan dan anak, serta membangun sinergitas antar Lembaga dalam memaksimalkan upaya perlindungan perempuan dan anak.

Kegiatan Bimbingan teknis juga diwarnai dengan sesi tanya jawab dari peserta Bimtek kepada narasumber diantaranya menanyakan tentang eksekusi nafkah anak baik untuk perkara cerai talak maupun perkara cerai gugat, kerjasama / penandatanganan MoU terkait tema Bimtek (Mewujudkan Perlindungan Hukum Hak Perempuan dan Anak Melalui Putusan yang Dapat Dilaksanakan) sebaiknya dilakukan oleh Instansi pusat dahulu sehingga ada interkoneksi lembaga, dan ada kesulitan pada pengadilan tingkat pertama dalam menyerahkan secara sempurna penjaminan hak perempuan dan anak terkait eksekusinya yang kesemua pertanyaan tersebut menandai diskusi pada kegiatan Bimtek berlangsung secara interaktif dan menarik. (H2o)

APLIKASI-APLIKASI PENDUKUNG

direkw   IZN  PG  logo vision VALIDASI   absd copy
LPSEE  SIKEPE  KOMS  PTSPP JDHII  PUSDA


  

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Fakfak

Jl. Jenderal Sudirman, Wagom Utara,

Kec. Fakfak, Kabupaten Fakfak,

Papua Barat 98611

Telp: 0956 22656

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Pengadilan Agama Fakfak @2021